The Third Journal

Aku tahu perasaanku padanya tak terbalas. Dia mengacuhkanku seolah ia tak tahu perasaanku padanya meski kerap kali kulihat dia menatapku dengan wajah penuh tanya. Sempat aku merasa bangga, berfikir dia mulai mengagumiku. Tapi tentu salah. Aku mengenalnya dan aku dapat membaca apa yang sebagian orang tak dapat melakukannya. Aku melakukan pengamatan. Aku terbiasa mengamati raut wajah. Mencoba memahami dari sudut pandangku tentang gelagat di wajahnya.

Mungkin dia menganggapku aneh, mungkin juga menyebalkan. Mungkin aku perempuan paling tak sadar diri dimuka bumi. Mungkin aku harus lebih sering berkaca dan berdoa untuk dapat apa yang terbaik tentu, selain dirinya. Hatiku begitu lemah. Dia berhasil membuatku merasa bahwa aku terlahir tidak untuk siapa-siapa. Aku akan mati dalam diam dan kesendirian. Aku… Jatuh begitu dalam di ruang kesedihan. Aku menyerah untuk berjuang. Aku menyerah untuk tak lagi mengharap.

Aku melangkah mundur dengan langkah amat pelan kebarisan paling belakang. Kuberikan kesempatan pada mereka yang lebih sesuai idamannya.

Jangan katakan sesuatu yang buruk tentangnya, atau tentangku yang memilih berhenti bahkan sebelum sempat aku melangkah. Ku ingatkan, ini hanyalah hasil pengamatanku yang sia-sia namun kuyakin benar adanya. Ada kebenaran didalamnya.

Tapi dunia yang kupijak ini masih berjalan. Masih selalu sama seperti hari- hari biasanya. Segala hal masih dapat berputar atau berkebalikan. Aku tak yakin, tapi sedikit pengharapan coba kusisakan. Aku akan menunggu, tak berbuat apa-apa hanya lantunan doa. Bukan tak ingin berjuang, ada saatnya diam adalah satu-satunya perjuangan yang paling tepat dilakukan. Bersabar dalam diam. Bersabar dalam penantian. Kemudian, jika memang apa yang kuharapkan benar itulah masa depan yang dijanjikan, maka tanpa berkata, Tuhan akan menunjukkan jalannya.

Jakarta, at an early gloomy morning
Nb: Mom, Mom, Mom, and Dad, I love you. I love you till i feel sick of it.

Leave a Reply

